Sabtu, 27 November 2010

Aneka Menu

GUDEG (bahasa Jawa gudheg)

Makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

AREH (semacam bubur gurih dari kelapa), sebagai pelengkap Gudeg
SAMBAL GORENG KRECEK
Krecek adalah sejenis krupuk dengan bahan dasar kulit kerbau atau sapi. Krecek biasa digunakan pada masakan seperti sayur gudeg, sambal goreng krecek, dan aneka masakan variasi lainnya yang menggunakan krecek. Selain untuk sayur , terdapat juga krecek gurih yang bisa langsung dikonsumsi. Krecek dibuat dengan cara membersihkan dahulu kulit kerbau atau sapi yang akan digunakan sebagai bahan dasar krecek (disamak). Kemudian kulit tersebut direndam dalam air panas sampai lunak, lalu dijemur sampai kering. Setelah kering kulit tersebut dipotong-potong kecil-kecil (krecek mentah). Dalam beberapa literature, krupuk krecek merupakan salah satu menu andalan Kraton Jawa.
OPOR AYAM

Merupakan ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya.

Opor ayam merupakan masakan yang sangat dikenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Meskipun demikian, masakan ini juga telah dikenal luas di daerah lain.

AYAM BAKAR KALASAN

Merupakan ayam bakar yang diracik dengan bumbu khas Jawa. Berasal dari Kalasan, sebuah kecamatan di Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Disajikan dengan lalapan dan sambal. Tersedia potongan atau 1 ekor utuh.

GURAME GORENG

Diracik dengan bumbu gurih yang pas, digoreng kering menciptakan sensasi kriuk yang menggoda. Disajikan dengan lalapan dan sambal mentah ditambah perasan jerus nipis.
BEBEK KREMES

Dengan bumbu kuning spesial dimasak hingga daging empuk, digoreng sampai garing, dan ditaburi kremesan. Disajikan dengan lalapan dan sambal korek khas Surakarta.

NASI GUDEG KRECEK TELOR AYAM
NASI TIMBEL BEBEK KREMES
NASI TIMBEL IKAN NILA KOMPLIT
NASI TIMBEL AYAM KOMPLIT
SOTO AYAM

Makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu. Soto ayam banyak ditemukan di daerah-daerah di Indonesia dan Singapura. Soto dapat disajikan dengan lontong atau nasi putih. Selain itu soto ayam juga sering dihidangkan dengan sambal, jeruk nipis, dan kerupuk.
SOP TULANG IGA SAPI

Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke 6 sampai dengan iga ke- 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga.

RAWON 

Menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur (seperti Surabaya), dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).

Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini (kecuali serai dan lengkuas) dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek.

Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk, dan sambal.

SAYUR ASEM 

Masakan sejenis sayur yang khas Indonesia. Berisi kacang tanah, nangka muda, melinjo, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, jagung manis dan asam jawa. Rasa masakan yang manis dan asam ini sangatlah menyegarkan dan cocok jika dipadukan dengan ikan asin dan sambal mentah.
GARANG ASEM

Nama garang asem hakikatnya merujuk pada rasa makanan dan cara memasaknya. Garang asem adalah lauk yang dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan dikukus (digarang/dipanaskan). Lauknya bisa apa saja, seperti berlaku pada masakan pepes, misalnya ayam, jeroan, ikan, jamur, atau tahu. Rasanya agak asem (asam) karena lauk tadi dicampuri irisan tomat hijau. Garang asem konon merupakan masakan khas Purwodadi, Jawa Tengah.

SAMBAL BUTO IJO
olahan sambal cabe ijo dengan teri jengki.

SAMBAL BLEDEK
olahan sambal rawit extra pedas dengan tempe.

OREK TEMPE
potongan tempe yang ditumis dengan kecap manis.

TUMIS PARE
tumisan pare khas Jawa.


OSENG DAUNG SINGKONG & PEPAYA
daun singkong dan pepaya yang dioseng dengan cabe ijo.
Aneka Gorengan :


Bacem merupakan sajian panganan dari daerah Jawa Tengah bagian timur (Mataraman). Sebetulnya bacem merupakan cara pengolahan makanan untuk mengawetkan produk. Produk ini biasanya adalah tempe dan tahu.


Bacem tempe dan tahu biasa dimakan hangat-hangat dengan nasi. Di daerah Kaliurang, Yogyakarta dikenal jadah bacem, yaitu jadah/uli yang disajikan bersama-sama dengan tempe dan tahu bacem.
Aneka Pepes


Pepes merupakan suatu cara mengolah bahan makanan (biasanya untuk ikan) dengan bantuan daun pisang untuk membungkus ikan beserta bumbunya. Cara membuatnya adalah bumbu dan rempah dihaluskan dan ditambah daun kemangi, tomat, dan cabai dibalur/dibalut bersama ikan mas yang sudah dibersihkan. Semua lalu dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan 2 buah bambu kecil di setiap ujungnya. Bungkusan ini lalu dibakar (dipepes) di atas api atau bara api dari arang sampai mengering.
NASI TIMBEL 

Nasi putih panas yang dibungkus daun pisang sehingga menimbulkan aroma yang khas.

NASI BAKUL

NASI PUTIH

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. KAMI SEBAGAI SUPLIER KRECEK INGIN TAWARKAN KRECEK BEKUALITAS

    HUBUNGI 02199781794

    BalasHapus
  3. Tulisannya bagus-bagus, dan foto makanannya juga oke! menggunggah selera mau menyantapnya, kapan-kapan Kami berkunjung dech... mencicipi makanannya!

    Kunjungi juga : https://santobobi.wordpress.com/2016/02/26/mengurus-izin-usaha-untuk-rumah-makan/

    BalasHapus